8 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat

Berat badan berlebih bisa menjadi momok yang tidak menyenangkan terutama bagi kaum wanita. Karena dengan memiliki berat badan berlebih membuat tampilan jadi tidak menarik dan membuat anda menjadi merasa minder, apalagi saat anda sedang membeli ukuran baju yang pas dengan tubuh anda, mungkin anda akan kesulitan mencarinya, selain itu juga memiliki berat badan yang berlebih memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Untuk menurunkan berat badan tersebut anda bisa menempuh berbagai macam cara seperti melalui pengobatan, melalui cara alami seperti olahraga disertai makan/minum yang sehat, bahkan sampai melakukan operasi demi menghilangkan lemak pada tubuh.

Nah kami disini akan membahas tuntas semua caranya, terutama cara alaminya karena cara ini lebih sehat dan memiliki resiko yang kecil dibanding yang lainnya. Dengan cara alami anda tidak bisa mendapatkan tubuh ideal secara instan, anda harus menurunkan berat badan anda secara bertahap setiap harinya.

Lalu bagaimana cara melakukannya? sebelum kita bahas lebih jauh lagi silakan anda lihat daftar isi dibawah ini agar anda bisa langsung mencari informasi yang ingin anda dapatkan.

Daftar Isi

  1. Fakta dan Mitos Diet dan Berat Badan
  2. Penyebab Terjadinya Berat Badan Berlebih
  3. Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

#1. Fakta dan Mitos Seputar Diet dan Berat Badan


Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang diet atau berat badan anda, nah untuk meluruskannya sebaiknya anda menyimak fakta dan mitos berikut:

1. ✖ Mitos: Makanan rendah lemak merupakan penurun berat badan yang baik.
Cara menurunkan berat badan makanan rendah lemak tinggi gula
✔ Fakta: Bagi anda ini mungkin terlihat benar, namun sebenarnya ini merupakan hal yang keliru. Karena sejumlah lemak dalam tubuh juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan membuat tubuh anda dapat bekerja dengan baik. Apalagi makanan yang berlabel 'rendah lemak' zaman sekarang sangat tinggi akan kalori dan gula, yang dapat menyebabkan berat badan anda terus meningkat.

Solusinya: anda bisa makan makanan berlemak sesuai porsi yang sesuai. lemak tidak akan membuat badan anda menjadi naik jika anda mengkonsumsi lemak yang sehat dan tidak mengkonsumsi lemak buruk. Lemak yang bagus untuk tubuh adalah lemak tak jenuh tunggal yang bisa anda dapatkan dari buah alpukat, kacang-kacangan serta biji-bijian. Begitupun sebaliknya lemak yang tidak sehat yang sebaiknya anda hindari berasal dari lemak trans dan lemak jenuh serta lemak yang beasal dari makanan cepat saji atau fast food.

2. ✖ Mitos: Karbohidrat menyebakan berat badan naik.
Cara menurunkan berat badan makanan berkarbohidrat
✔ Fakta: Karbohidrat tidak akan menyebakan naiknya berat badan justru bagus untuk kesehatan tubuh. Yang menyebabkan karbohidrat membuat tubuh anda menjadi gemuk adalah karena karbohidrat tersebut telah diproses (menjadi roti, kue, pasta, dll) yang membuatnya menjadi tinggi akan kalori sehingga membuat berat badan anda menjadi naik.

Solusinya: Anda harus menghindari karbohidrat yang buruk bagi tubuh anda seperti gula dan kalori. Jadi sebaiknya anda kurangi porsi makan anda yang memiliki jumlah kalori yang tinggi, sehingga anda bisa mencegah naiknya berat badan karena kalori yang masuk menjadi berkurang.

3. ✖ Mitos: Anda bebas makan makanan sehat sepuasnya.
Cara menurunkan berat badan makanan sehat
✔ Fakta: Makanan sehat tetap memiliki kalori didalamnya, walaupun lebih baik dan tidak terlalu banyak didalamnya karena ini merupakan makanan yang sehat. Akan tetapi kalori tetaplah kalori yang bisa menyebabkan tubuh anda menjadi gemuk.

Solusinya: Makanlah makanan secukupnya saja walaupun itu makanan yang sehat, tidak terlalu berlebihan dan juga tidak sedikit, lagi pula sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh anda.

4. ✖ Mitos: Anda bisa mengurangi berat badan anda sebanyak 10kg dalam seminggu
Cara menurunkan berat badan 10kg dalam seminggu
✔ Fakta: anda tidak akan bisa mengurangi berat badan anda hingga 10kg selama seminggu, apalagi jika anda menggunakan cara alami, ini terlihat mustahil. Jikalaupun anda mampu, ini malah akan berdampak buruk pada kesehatan anda sendiri. Karena penurunan berat badan yang ideal setiap minggunya adalah hanya sekitar 0,5-1 kg, jika terlalu lebih dari itu biasanya tubuh akan kelelahan, tidak enak badan, kurang gizi, bahkan anda bersiko terkena batu empedu.

Solusinya: Janganlah terlalu terburu-buru jika anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal, karena berat badan yang anda inginkan tidak hanya bisa anda dapatkan melalui usaha saja, tetapi juga kesabaran dan komitmen dalam menjalaninya.

#2. Penyebab Memiliki Berat Badan Berlebih


Memiliki berat badan berlebih tidak dapat terjadi begitu saja, pasti ada pemicunya kenapa hal tersebut bisa terjadi dan anda alami. Berat badan anda bertambah pada umumnya yaitu saat kalori yang terbakar didalam tubuh saat anda sedang beraktivitas lebih sedikit dibanding dengan kalori yang masuk dari makanan yang anda konsumsi.

Selain disebabkan oleh makanan, ada juga banyak faktor yang dapat memengaruhi sistem metabolisme dan berat badan pada tubuh anda. Berikut faktor-faktor tersebut:

1. Stress

Cara menurunkan berat badan stress
Saat anda stress tubuh akan memproduksi hormon kortisol, hormon ini menyebabkan meningkatnya nafsu makan pada diri anda, sehingga makanan yang ada di hadapan anda akan anda lahap sepuasnya untuk menenangkan diri.

2. Kurang tidur

Cara menurunkan berat badan kurang tidur
Saat anda kurang tidur atau bergadang anda akan merasa lapar, karena hormon nafsu makan pada tubuh anda akan meningkat, sehingga saat anda sedang bergadang anda menjadi lebih suka ngemil makanan ringan bahkan makanan yang tidak sehat sehingga membuat berat badan anda menjadi naik.

3. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Cara menurunkan berat badan karena obat
Mengkonsumsi obat-obatan juga bisa mempengaruhi berat badan anda, misalnya obat obatan anti depresan, steroid dan obat-obatan lainnya ntuk menangani penyakit migrain, tekanan darah tinggi, diabetes, kejang-kejang dan obat-obatan antipsikotik yang biasa digunakan untuk menangani gangguan bipolar dan skizofrenia. Obat tersebut memiliki efek samping seperti meningkatkan nafsu makan yang malah berimbas menjadi penumpukan lemak pada bagian tubuh seperti di daerah perut dan wajah.

4. Mempunyai penyakit tertentu

Cara menurunkan berat badan karena penyakit
Beberapa penyakit juga bisa membuat badan anda menjadi terlhat gemuk karena memicu terjadinya perubahan hormon, diantaranya adalah:

  • Hiperteroid: adalah kondisi dimana kelenjar tiroid terlalu aktif dalam memproduksi hormon tiroid, yang menyebabkan kadar tiroid dalam darah menjadi sangat tinggi. Sehingga tubuh akan bekerja dengan sangat cepat unuk melakukan metabolisme di dalam tubuh, yang mengakibatkan berat badan menjadi naik secara drastis, atau bahkan menjadi turun secara drastis, jantung berdetak lebih kencang, keringat yang di keluarkan lebih banyak, dll.
  • Sindrom Ovarium Polikistik: ini merupakan gangguan keseimbangan kadar hormonal.sindrom ini menyebabkan tubuh wanita memproduksi hormon laki-laki secara berlebih dan hanya menghasilkan sedikit hormon wanita. Sehingga kadar gula darah (insulin) terlalu banyak yang membuat nafsu makan menjadi meningkat dan berimbas pada kenaikan berat badan.
  • Sindrom Cushing: merupakan kondisi dimana kelenjar adrenal memproduksi terlalu banyak hormon stres yaitu kortisol. ini juga bisa terjadi pada orang yang mengonsumsi obat steroid untuk mengobati penyakit lupus, artritis, atau asma. Meningkatnya berat badan biasanya terlihat pada wajah, punggung bagian atas, leher, serta pinggang.

5. Genetik

Cara menurunkan berat badan karena genetik
Genetik bisa juga bisa menjadi penyebab dan meningkatkan peluang anda memiliki berat badan berlebih walaupun persentasenya memang cukup kecil, jadi anda tidak perlu terlalu khawatir jika anda merupakan keturunan keluarga yang memiliki berat badan berlebih, anda tidak 100% pasti akan memiliki masalah berat badan yang tinggi karena keturunan, tetapi anda tetap memiliki resiko yang lebih besar.

6. Gaya hidup yang tidak sehat

Cara menurunkan berat badan karena makanan
Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan/minuman ringan yang tinggi akan kalori dan lebih banyak melakukan aktivitas yang hanya duduk-duduk saja seperti kerja atau bermain di depan komputer atau gadget anda sendiri.

7. Masalah pencernaan

Cara menurunkan berat badan karena masalah pencernaan
Masalah pencernaan salah satunya seperti masalah buang air besar (BAB) yang tidak lancar dapat menyebabkan penimbunan lemak di dalam perut sehingga mengakibatkan perut menjadi terlihat buncit.

#3. Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami


Ada banyak sekali cara yang bisa anda terapkan agar anda bisa menurunkan berat badan anda dengan cepat secara alami, cara alami selain mudah diterapkan dalam keseharian juga murah dan mudah untuk bisa anda dapatkan. Cara alami juga terkenal akan minimnya resiko efek samping yang ditimbulkan, sehingga anda tidak akan jadi terlalu khawatir. Berikut ini cara menurunkan berat badan anda secara alami.

1. Fokus Dan Berkomitmen Ingin Kurus

Cara menurunkan berat badan dengan fokus dan komitmen
Hal penting pertama yang harus anda miliki jika ingin kurus adalah anda harus memiliki komitmen yang kuat bahwa anda ingin kurus. Fokuskan komitmen itu pada diri anda sehingga anda tidak tergoda ditengah jalan saat anda sedang melakukan aktivitas penurunan berat badan, sehingga hasil yang bisa anda dapatkan bisa lebih cepat dan tidak membuang-buang waktu dan hasilnyapun sesuai dengan yang anda harapkan.

2. Makanlah makanan yang sehat

Cara menurunkan berat badan dengan makan sehat
Jika anda ingin cepat kurus, mulai sekarang konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat didalamnya mengandung cukup protein, karbohidrat dan serat, perlu diingat juga bahwa jumlah rasio pada makanan juga sangat penting untuk menurunkan berat badan anda. Penuhi setengah porsi makanan anda dengan sayur-sayuran atau buah-buahan.

Hindari makanan yang tinggi akan gula, lemak tak jenuh dan kalori karena karena ketiga jenis ini bisa meningkatkan berat badan anda secara cepat, jika anda mengkonsuminya secara berlebihan.

3. Makan dalam porsi yang kecil

Cara menurunkan berat badan dengan makan porsi kecil
Anda bisa mulai mengatasi kebiasaan makan berlebih anda dengan menggunakan mangkuk/piring dengan ukuran yang lebih kecil dari biasanya. Karena penelitian membuktikan bahwa piring yang terlihat penuh 70%, akan membuat seseorang merasa cukup makan.

Jadi anda bisa mengakali kebiasaan makan berlebih anda dengan menggunakan wadah makanan yang lebih kecil agar membantu anda saat ingin makan seolah-olah piring anda sajikan telah penuh, padahal jika anda pindahkan ke ukuran piring/mangkuk normal yang anda gunakan porsinya akan jadi lebih sedikit. Dengan begini anda sudah memangkas asupan kalori yang masuk ketubuh anda.

4. Makan disaat yang tepat

Cara menurunkan berat badan dengan makan tepat
Sebaiknya dalam pemilihan jenis makanan yang akan anda konsumsi sesuaikan dengan pemilihan waktu makan yang tepat. Agar anda tidak makan terlalu berlebih dan mempermudah anda kapan seharusnya anda makan.

Misalnya, saat anda ingin sarapan diwaktu siang hari dan anda ingin makan dengan porsi normal sebaiknya konsumsi lebih banyak sayur dan buah. Pada saat malam harinya kurangi asupan kalori dalam makanan dan makan 3 jam sebelum tidur. Dan jangan lupa untuk sarapan pagi dengan makanan yang seimbang dan tidak terlalu berlebih, karena sarapan pagi membantu anda untuk menghilangkan rasa lapar dan mencegah anda mengkonsumsi cemilan lain yang tidak sehat.

Sebaiknya anda makan sebelum anda merasa terlalu lapar untuk mencegah masalah kesehatan dan sebisa mungkin hindari juga makan makanan yang digoreng dan biasakan juga diri anda dengan makan makanan yang direbus.

5. Rutin mengkonsumsi air

Cara menurunkan berat badan dengan minum air
Dengan meminum air secara rutin terutama sebelum makan dapat menurunkan berat badan anda, karena jika anda mengkonsumsi air sebelum makan anda akan merasakan efek kenyang, sehingga anda tidak langsung melahap semua makanan yang ada di hadapan anda. Sebaiknya anda tidak minum air yang manis-manis seperti minuman olahan atau bersoda, karena minuman ini tinggi akan gula, sebaiknya anda konsumsilah air putih saja.

Selain itu air putih juga memberikan efek yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu anda membersihkan lemak darah yang bersifat negatif atau lemak tak jenuh, yang bahkan bisa membuat seseorang terkena serangan jantung. Dengan minum air putih secara rutin juga akan membantu anda dalam menjaga cairan dalam tubuh selalu terpenuhi dan tetap stabil, sehingga metabolisme tubuhpun akan menjadi lancar.

6. Banyak beraktivitas dan berolahraga secara teratur

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga dan beraktivitas
Untuk mendapatkan tubuh ideal, anda tidak akan bisa mendapatkannya hanya dengan duduk-duduk saja, bahkan diet yang anda lakukan masih belum cukup! Harus anda iringi dengan banyak aktivitas dan olahraga. Untuk mengurangi berat badan, anda tidak perlu melakukan aktivitas atau olahraga yang berat-berat, anda bisa melakukannya dengan aktivitas yang ringan-ringan saja seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, menaiki tangga, dll.

Karena dengan berolahraga tubuh akan banyak berkeringat sehingga lemak dalam tubuhpun terbakar dan berat badan anda berkurang. Selain itu olahraga juga dapat mengurangi stress yang membuat anda jadi tambah gemuk. Selain untuk mengurangi berat badan beraktivitas dan berolahraga juga sangat baik untuk kesuluruhan kesehatan pada tubuh anda.

Sebaiknya anda berolahraga 20-30 menit setiap harinya, atau anda juga bisa berolahraga selama 50-60 menit 3 kali dalam seminggu.

7. Istirahat yang cukup

Cara menurunkan berat badan dengan tidur
Istirahat yang paling baik adalah tidur, tidur sangat penting untuk mengembalikan stamina anda yang terkuras karena seharian berkativitas, selain itu tidur juga dapat mengurangi resiko stress anda dan mencegah anda dalam mengemil makanan pada malam hari.

Jika anda kurang tidur tubuh akan sulit mengontrol rasa lapar dan kenyang dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak dapat mengontrol dalam memproduksi hormon ghrelin (hormon pemicu rasa lapar) sehingga anda selalu merasa lapar walaupun anda sudah makan dalam porsi yang normal, yang mengakibatkan berat badan anda menjadi naik.

Kurang tidur juga juga dapat memicu terganggunya sistem metabolisme pada tubuh anda dalam memecah zat-zat makanan dan mengubahnya menjadi energi. Sehingga, zat-zat tersebut malah menjadi menumpuk dalam jumlah yang besar dan diubah menjadi lemak.

Agar mendapatkan tidur yang berkualitas, pastikan anda menjauhi segala gangguan disekitar anda seperti handphone, matikan juga tv dan lampu pada kamar anda dan berusahalah rileks sebelum tidur. Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, dan tidurlah 8 jam setiap harinya.

8. Berpuasa

Cara menurunkan berat badan dengan berpuasa
Jika cara diatas belum cukup buat anda, anda bisa melakukan puasa setiap hari senin dan kamis atau anda bisa juga berpuasa dengan metode selang 1 hari puasa maka 1 hari berikutnya tidak puasa lalu ulangi terus di hari berikutnya.

Pastikan sebelum anda berpuasa kebutuhan nutrisi pada tubuh anda sudah terpenuhi dan jangan makan terlalu berlebihan dan setelah anda ingin berpuka puasa jangan terlalu banyak makan pula, karena biasanya orang yang ingin berbuka puasa selalu ingin memborong semua makanan yang ada dihadapannya, sehingga bukannya tubuh ideal yang didapat malah bertambahnya berat badan.

Pastikan konsumsi air juga terpenuhi pada saat anda berpuasa, sehingga tubuh tidak dehidrasi. Cara bagus agar tubuh tidak dehidrasi ketika sedang berpuasa adalah dengan menerapkan metode 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sedang berbuka 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sedang sahur.

Penutup


Terima kasih anda telah berkunjung ke blog kami dengan artikel mengenai Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat untuk anda semua. Jika ada kesalahan atau menuut anda kurang pas pada artikel ini, silakan berikan komentar anda dibawah agar kami bisa memperbaikinya.

Artikel ini akan kami update terus jika diperlukan, pastikan anda selalu datang berkunjung ke blog kami untuk mendapatakan update dan postingan terbaru setiap harinya.

Jangan lupa berikan tanggapan kalian mengenai berat badan kalian di komentar, Terima Kasih!

0 Komentar untuk "8 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat. Silakan berikan pertanyaan atau tanggapan anda tentang artikel tersebut. Anda dilarang berkomentar jika:

- Komentar anda berbau SARA
- Tidak relevan dengan isi artikel
- Menyantumkan link yang tidak ada sangkut pautnya dengan blog/artikel ini
- Menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti

Kami harap pembaca memenuhi peraturan dalam etika berkomentar yang baik, agar komentar anda tidak dihapus dan dapat tayang di blog ini. Jika ada pertanyaan khusus yang ingin ditanyakan silakan kontak kami pada laman 'Hubungi kami' yang ada pada bagian bawah footer blog.